Skip to main content

Bagaimana membedakan Gerund dan To Infinitive?


Bagaimana membedakan Gerund dan To Infinitive?

GERUND
Gerund merupakan sebuah bentuk –ing pada sebuah verb yang ‘dibendakan’ (digunakan sebagai benda). Gerund ini penggunaannya seperti benda (noun). Fungsinya adalah sebagai berikut:
  1. Sebagai subjek. Eg : Writing is very much good.
  2. Sebagai objek yang mengikuti kata kerja. Eg: I like writing very much
  3. Sebagai objek yang mengikuti kata depan. Eg : I’m interested in writing.
  4. Mengikuti kata go untuk verb-verb tertentu. Eg : Chris went swimming the day before yesterday.
  5. Mengikuti expressions. Eg : She is lying on the bed watching TV.
  6. Mengikuti prepositional object, seperti : to be used to, to be accustomed to, object to, look forward to, to take to, confess to. Eg : I object to doing that, Emile confess to stealing that cheese.
  7. Membentuk noun phrase (frasa berupa kata benda). Eg : reading book.
INFINITIVES
Infinitives adalah bentuk “to” yang ditambahkan pada kata kerja.
Fungsinya adalah sebagai berikut:
  1. Sebagai subjek. Eg : To sing is hard for a person like me.
  2. Menerangkan tujuan. Eg : Simon comes here just to see you.
  3. Untuk kalimat passive. Eg : I  was told to be mature.
  4. Setelah objek pelaku.  Eg : Brian asked me to listen to him closely.
PERBEDAAN GERUND DAN INFINITIVE
Mengikuti verb tertentu “yang berbeda”
  • Verbs yang diikuti gerund: avoid, admit, appreciate, anticipate, continue, deny, detest, delay, enjoy, excuse, finish, forgive, fancy, keep, mind, postpone, prevent, risk, resist.
  • Sedangkan, verb yang diikuti infinitive : ask, allow, advice, beg, decide, expect, hope, intend, invite, instruct, learn, mean, need, purpose, promise, permit, want, warn,  would like, tell, teach, urge.

Dalam hal Prepositional Object: (To be) used to
  • Bila dalam infinitive, misalnya : I used to cry every night. Maka itu kebiasaan lama, si “I” sudah tidak menangis tiap malam lagi.
  • Sedangkan dalam gerund, misalnya : I’m used to crying every night. Maka itu kebiasaan sampai sekarang, si “I” sampai sekarang masih suka menangis tiap malam.
Perhatikan bahwa untuk gerund kita pakai to be, sedangkan untuk infinitive tidak.
Perbedaan Makna
Ada kata kerja yang bisa diikuti ing (gerund) atau diawali to (infinitive) yang tidak berbeda makna (jadi bisa bebas kita gunakan). Yaitu : advise, begin, continue, dislike, hate, intend, like, love, prefer, propose, start.
Namun ada kata yang bila digunakan dalam bentuk gerund akan berbeda makna dengan yang dalam bentuk infinitive, yaitu forget, remember, stop, regret. Contoh :
  • I forget cooking a bowl soup for you (si “I” lupa kalau dia sudah memasak sup untuk “you”)
  • I forget to cook a bowl soup for you (si “I” lupa, dan belum memasak sup untuk “you”)
  • The chef stops cooking (si “chef” berhenti masak)
  • The chef stops to cook (si “chef” berhenti untuk memasak)

Comments

  1. kak mau nanya dong
    kalau posisinya sebaai dubjrct cara membedakaannya gimana ya
    semisal ada soal nih
    darimana kita tau subject yg dibuat gerund kah atau infinitive
    terima kasih kak

    horas mejuah juah kak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

being someone's answer is actually 'the answer'

sebulan kebelakang sampai hari ini, banyak banget 'kejutan-kejutan' yg gak keduga. ada pahit, manis, bingung, bikin deg-degan, bikin happy, sepi, nangis, banyaaaak deh. suasana hati dibikin gak stabil karna kondisi yg gak ketebak terjadi. pernah di satu kesempatan perjalan pulang dari rumah ke kosan, ada ibu-ibu paruh baya duduk disamping saya waktu naik bis. dia memulai pembicaraan kecil supaya suasana gak jadi awkward. saya cuma merespon sekenanya saja, sebatas menghargai, karna honestly, saat itu pikiran saya sedang bercabang-cabang memikirkan banyak hal. tapi ibu itu terus bercerita banyak hal, sampai hal2 pribadi, permasalahan pribadi yg pernah dia alami di masa lalunya yg pahit, yg membuat dia jadi tegar sampai sekarang, padahal saya tidak bertanya sama sekali tentang hal itu, tapi dia terus bercerita tanpa jeda. entahlah, mungkin dia butuh teman curhat, pikir saya seperti itu. dengan sabar saya mendengarkannya dan memberikan saran yang sewajarnya, karna saya pikir, ibu

The Right One

Sebuah permbicaraan yang disukai banyak orang, tapi, tidak semuanya berhasil melewatinya dengan baik. Memiliki definisi yang berbeda-beda, dari mulai deskripsi yang benar hingga yang melenceng. Rumit. Terkadang kau bisa merasakannya tapi tidak bisa menjelaskannya dengan kata-kata yang tepat. Kita mengenal hal tersebut dengan sebutan cinta, tapi aku lebih senang menyebutnya dengan kata Kasih. Sebuah kata dengan berbagai perasaan yang terkandung didalamnya. Kekacauan, rindu, marah, sedih, depresi, bahagia, kuatir, air mata. Bagaimana kau mendefinisikannya ? Pertanyaan yang sangat klasik didengar, tapi silahkan jawab dalam hatimu masing-masing. Ada yang bilang cinta bisa membuat orang yang kuat menjadi lemah atau sebaliknya, cinta membuat seorang idealis menjadi "bodoh", ada yang bilang cinta hanya omong kosong. Semua definisi tergantung pada pengalamanmu tentang cinta itu sendiri. Tapi setidaknya setiap manusia pernah mengalami anugerah Tuhan yang "aneh" ini sekali d

break the addiction, live your real life.

"Do you ever feel bad when you seeing at your cell phone mostly more than seeing at the people in around you?" I have found myself that way in the past, and maybe you are who’s reading this became the one of the “victim” of social media addict. In this modern era, as we know that we cannot live without technology. Technology become the one of human needs. Technology also help us to make everything becomes easier. But most people use technology in the wrong way (for example: Smartphone/Social Media). Checking your cell phone constantly and hearing for other’s people saying, yelling, commenting & discussing through the social media. You become busy on it without realizing that you have lost your productive times and killing your relationship with people in the front of you or with the people you love . Passing up opportunities to be socializing, join into the conversation, or have a small talk, joking, and supporting one each other with people in front of you be